Saturday, 29 August 2015

DIY : Baju Batik with OMI Sewing Machine

Beberapa waktu yang lalu gue mampir ke situs tokopedia.com dan nggak tahunya naksir sama salah satu mesin jahit portabel yang dijual di salah satu lapak situs tersebut.

Berhubung dari dulu udah mengidam-idamkan sebuah mesin jahit dan harganya (pas kebetulan) cukup terjangkau, akhirnya gue memutuskan untuk membeli mesin jahit tersebut. Merk-nya OMI, kalo ditelisik (cielah telisik) kayaknya sih produk dari Thailand.
Mesin jahit portable ini terdiri dari beberapa komponen yang sebenernya gue nggak tahu juga ini buat apa, hahahaha. Yup! Jujur, gue iseng banget beli mesin jahit. Padahal gue samasekali nggak tahu cara pake mesin jahit. Tapi akhirnya setelah belajar video tutorial di Youtube, gue cukup sukses untuk memahami bagian demi bagian dari si Catalina ini. Hehe, iya, mesin jahit ini gue namain Catalina.






Dalam satu set mesin jahit portable ini ada benang, spul, jarum, adaptor, dan pedal. Prinsip penggunaannya sama aja kayak barang elektronik biasa, cukup colokin adaptor ke sumber listrik dan mesin jahit siap digunakan. Atau dalam keadaan urgent, mesin jahit ini juga bisa dipakai menggunakan baterai. Easy kaaaan? Kalo mau jahit juga cukup di geser tombol ON OFF-nya atau bisa juga pake pedal.

Mesin jahit yang gue beli ini merk OMI tipe SM1. Bisa digunakan untuk menjahit apapun termasuk jahit baju (kecuali jeans dan kain-kain tebel lainnya sih, gue saranin jangan).


Berbekal tutorial dari Youtube, gue memberanikan diri untuk membuat sebuah baju. Agak susah sih kalo diceritain step by stepnya. Langkah pertama adalah gambar polanya dulu, terus gunting kain dan jahit!
And this is it! My handmade batik blouse. Kata mamah, not too bad buat pemula.


Bagian kerah agak fail sedikit


Here some videos about operating OMI Portable Sewing Machine






Purwokerto, Agustus 2015

12 comments:

  1. wah praktis ya mesin jahitnya...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Halo Yulia, maaf baru sempet bales. Waktu dulu beli mesin jahit ini muraaaah banget! Harganya cuma 490ribu rupiah udah include ongkir :)

      Delete
  3. iya lucu yah... praktis daripada pake yang gede...

    Pecinta Bola Gabung di Sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Portable jadi bisa dibawa kemana mana kayak bawa koper. Harganya juga murah *udah kayak jualan*

      Delete
  4. Replies
    1. Kain batiknya? Aku dikasih kain yg standar, kayaknya sih 1x2m

      Delete
  5. Mesin jahitnya lucu kayak mainan. Bajunya bagus kak :)

    ReplyDelete