Sunday, 2 August 2015

Meraih Sukses Bersama BNI

Bagi saya, memilih bank sama halnya dengan memilih jodoh.


Weits, kok bisa gitu?


Iya, dong! Soalnya, dibutuhkan ketelitian dan kecermatan agar tidak menimbulkan efek yang berakibat fatal nantinya. Misalnya nih, kita tertarik untuk menabung di Bank ABC karena tergiur bunga tabungan yang tinggi. Eh, nggak tahunya tiba-tiba Bank ABC collapse dan ditutup pemerintah. Ketika hal itu terjadi, pada akhirnya yang bisa kita lakukan cuma gigit jari sambil nyanyi 'Sakitnya Tuh Disini'


Karena saya menyadari bahwa memilih bank sama halnya dengan memilih jodoh yang harus dipikirkan baik-baik bibit, bebet, dan bobot-nya, jujur saya agak takut dan ragu untuk membuka rekening di sembarang bank. Meski banyak tawaran datang, akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening di Bank Negara Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan BNI.


Pertama kali saya membuka rekening adalah saat saya berada di awal semester bangku perkuliahan. Ketika itu entah mengapa semangat saya untuk menabung begitu menggebu-gebu. Ditambah lagi, pada saat itu saya sudah memiliki penghasilan dari pekerjaan part time yang saya jalani.



Kenapa memilih BNI?

1. BNI merupakan salah satu bank terbaik di Indonesia yang memiliki banyak prestasi


Gedung BNI Yogyakarta, kantor pertama BNI yang diresmikan pada 17 Agustus 1946
photo credit here

Siapa sih orang Indonesia yang nggak kenal BNI?

BNI sudah memiliki nama baik dan reputasi yang dikenal oleh masyarakat luas. Berdiri sejak tahun 1946 tentunya membuat BNI tumbuh dan berkembang menjadi sebuah bank yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Hal tersebut dibuktikan pula dengan bermacam prestasi yang telah diraih oleh BNI. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat disini.
Well, guys... Inilah alasan utama saya menjatuhkan pilihan kepada BNI sebagai lembaga penyimpanan dana yang terpercaya.


2. Letak strategis dan pelayanan yang ramah



Yup! Beginilah letak kantor cabang BNI dari kampus saya. Jaraknya nggak sampai 100 meter.
Itulah yang menjadi alasan kedua kenapa saya pilih BNI. Sebagai mahasiswa yang males jalan kejauhan plus capek dan kepanasan, saya merasa beruntung karena letak kantor cabang BNI sangat dekat dengan kampus saya. Kalau ada apa-apa jadi enggak ribet ngurusinnya.


Selain letaknya yang strategis, seluruh pegawai BNI yang pernah saya temui di kantor selalu memberikan pelayanan dengan ramah. Mulai dari satpam, customer service, teller, hingga manager. BNI tidak pernah membeda-bedakan para nasabahnya. Itulah yang membuat saya merasa nyaman dan tetap setia menjadi nasabah BNI. Dekat di mata dan dekat di hati, hehehe.


3. Program BNI TAPMA (Taplus Mahasiswa)

Saya juga beruntung karena BNI merupakan bank yang menjalankan kerjasama program khusus tabungan mahasiswa dengan kampus saya, UNSOED.


Apa itu BNI Tapma?

BNI Tapma (Taplus Mahasiswa) adalah tabungan yang diberikan kepada para mahasiswa perguruan tinggi yang bekerjasama dengan BNI yang berfungsi untuk menampung keperluan pembayaran SPP atau lainnya.

Nah, manfaat dari program BNI Tapma (Taplus Mahasiswa) ini banyak buanget lho!

Pertama, saya nggak perlu ribet ketika bayar SPP tiap semester. Dengan menggunakan BNI Tapma, saya nggak perlu repot-repot membawa uang cash dalam jumlah banyak ke bank. Cukup dengan mendebit saldo tabungan untuk keperluan bayar SPP and... voila! Kelar deh urusan!

Kedua, saya mendapatkan kartu ATM multifungsi dari BNI Tapma. Nggak cuma digunakan untuk menarik uang di ATM saja, kartu ini juga bisa digunakan untuk keperluan aktivitas di lingkungan kampus seperti absensi dan door access ke perpustakaan.


Ini nih kartu BNI Tapma akuuu! Kece kaaan ada fotonyaaaa hehehe

BNI Tapma banyak membantu saya selama masa perkuliahan. Salah satunya ketika saya mendapatkan program beasiswa PPA dari universitas. Karena sudah mempunyai rekening BNI, saya tidak perlu repot-repot lagi membuat rekening untuk menampung dana beasiswa yang cair setiap bulannya. Yeay!

Soal setoran minimal, BNI Tapma pengertian banget sama mahasiswa. Mau nabung Rp 10.000 juga dibolehin lho! Karena setoran minimal untuk BNI Tapma adalah Rp 5.000. Selain itu, biaya administrasi per bulan untuk BNI Tapma ini cuma Rp 1000. Awalnya saya nggak percaya. Masa sih ada bank yang biaya administrasinya murah banget? Eh, ternyata beneran! Waktu saya cek saldo, biaya administrasi yang dibebankan setiap bulan memang Rp 1000. Ah, bahagia banget pokoknya!


4. Layanan ATM BNI


ATM BNI Jl. HR Bunyamin Purwokerto

Jaman sekarang, apa sih yang nggak serba mobile?
Dalam rangka mempermudah layanan customer di era mobilitas tinggi seperti sekarang, BNI memfasilitasi para nasabah dengan layanan electronic banking seperti BNI ATM, BNI ATM Drive Through, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, BNI Phone Banking, dan BNI Layanan Gerak.

Dari layanan e-banking yang ada, saya paling sering menggunakan layanan e-banking BNI ATM.

Sedikit curhat nih, saya adalah tipe orang yang paling males pegang uang cash. Kalau mengintip dompet saya, jangan kaget isinya uang receh seribuan semua (ngok!). Untung saja ada ATM BNI yang aktif selama 24 jam. Jadi kalau butuh uang cash dalam jumlah banyak, tinggal tarik tunai sesuka hati. Lalalaaa? Yeyeyeee

Begitu juga sebaliknya, kalau lagi banyak uang (misalnya dapet rejeki nomplok tiba-tiba nih), nggak perlu repot-repot datang ke bank untuk menabungkannya. BNI punya layanan setoran tunai yang bisa digunakan untuk menabung kapan saja! Pagi, siang, sore, malam, Senin sampai Minggu, kini kamu bisa menabung semaumu! So, mulai sekarang nggak perlu repot-repot mengantri dan menunggu hari kerja untuk menabung di BNI.


Selain transaksi tarik dan setor tunai, ATM BNI juga bisa digunakan untuk transaksi lainnya seperti transfer antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian tiket, dan pembelian pulsa.
Untuk transfer antar rekening (berbeda bank), dibebankan biaya Rp 5.000. Sedangkan untuk transfer rekening sesama BNI, nggak perlu takut saldo tabungan berkurang cyiiin... karena nggak dibebankan biaya sepeserpun! Makanya, yuk, yuk, buka rekening di BNI!



Oh iya, satu lagi yang saya suka dari BNI. Yaitu... JRENG JREEENG...


Tersedia mesin ATM tarik tunai pecahan Rp 20.000 yang mahasiswa-able banget! Huehehe

Meski sekarang saya sudah tidak berstatus sebagai mahasiswa lagi, tapi mesin ATM ini tetep jadi penyelamat di akhir bulan. Pas lagi nggak punya uang, saldo tabungan sekarat, hidup harus hemat, pilih lauk makan pun harus cermat... Hiks, sedih rasanya!

Untuuuuung banget ada ATM pecahan dua puluh ribuan dari BNI. Mau ngambil uang buat beli camilan atau nasi padang jadi nggak takut. Lho? Kok takut?
Iyalaaaah... Coba kalau ngambilnya pecahan lima puluh ribu atau seratus ribu? Bisa kalap tangan Barbie! Sebagai cewek konsumtif yang suka nggak sadar kalau ngeliat barang lucu, uang di dompet saya terhitung cepet habis akibat gatel belanja. Huehehehe jadi malu kan...

Jaringan ATM BNI sudah tersebar luas di berbagai kota seluruh Indonesia. Untuk memperkuat dan memperluas jaringan ATM kepada para nasabah yang membutuhkan, BNI juga bergabung dengan jaringan ATM Prima dan ATM Bersama.


5. Layanan BNI Internet Banking

Ini nih, layanan dari BNI yang paling bikin saya happy and I feel freeeeee.... kayak Princess Syahrini!
Yup! BNI Internet Banking


Mengingat dan menimbang bahwa saya adalah cewek yang hobi belanja online, cukup repot kalau saya harus bolak balik ke ATM demi transfer uang ke rekening online shop tempat saya belanja.
Untungnya, sejak mengenal Internet Banking, saya bisa melakukan transfer antar rekening dimana pun dan kapan pun berada tanpa harus merasa capek. Wuenak? Yo wueak buanget tho, rek!



Jadi buat kalian... sista-sista penggila belanja online, wajib banget nih pake layanan internet banking ini! Untuk pendaftaran dan tata caranya, bisa langsung dilihat disini atau datang ke kantor cabang BNI terdekat.

Fasilitas BNI internet banking juga bisa diakses di handphone lho!

Selain kemudahan transfer, internet banking juga mempermudah kita untuk mendapatkan informasi saldo, mutasi rekening, pembayaran tagihan, pembelian voucher pulsa, pembayaran biaya pendidikan (di perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan BNI), dan pembelian tiket.

Ah, iya! Pembelian tiket!
Sebagai cewek setrikaan yang sering bolak-balik naik kereta api tuut tuut tuuttt dari satu tempat ke tempat lainnya, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada layanan pembelian tiket kereta api yang bisa dilakukan melalui internet banking BNI.
Secara ya, buk, kalau saya harus bolak balik beli tiket secara manual di stasiun mah bisa gempor kaki saya. Lama-lama sebelas dua belas nih kaki sama pentungan maling. Hiks, hiks...

Overall, mengutip kalimat Mas Anang Hermansyah dalam salah satu ajang pencarian bakat di stasiun televisi swasta, maka I VOTE YESSS buat BNI!


Tidak terasa sudah hampir lima tahun lamanya saya menjadi nasabah setia BNI. Selama hampir lima tahun ini, layanan BNI sangat membantu saya dalam melakukan aktivitas di berbagai aspek kehidupan. Terutama layanan Internet Banking BNI yang mempelopori saya untuk membangun bisnis online yang saya jalani sampai sekarang. Dari kegemaran belanja online, saya jadi berpikir untuk ikut-ikutan terjun ke dunia bisnis yang satu ini. Alhamdulillah, bisnis yang saya bangun di awal perkuliahan dengan modal kecil-kecilan kini bisa berkembang dengan pendapatan yang cukup lumayan.


Boleh banget kalo mau mampir, sist. Cek instagramnya disini ya, huehehe

Terima kasih BNI dan selamat ulang tahun yang ke-69! Teruslah berkarya dan berprestasi!

Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blogging "69 Tahun BNI, Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri"



Referensi : www.bni.co.id


Purwokerto, 2 Agustus 2015

14 comments:

  1. bagus nih artikelnya, bisa buat refrensi buat maba unyu yg bentar lagi mau kuliah hehe
    oh iya, gw juga make bni loh, yg taplus muda tapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga maba unyu lhooo! Lima tahun yang lalu tapi, hahaha... Sebenernya Taplus Muda hampir sama kayak Taplus Mahasiswa. Bedanya kalau Taplus Muda biaya administrasi agak lebih mahal (gitu sih kayaknya) intinya sama-sama bermanfaat pokoknya

      Delete
  2. artikelnya bermanfaat banget, alhamdulillah aku dah pake bank yang oke. sesama nasabah BNI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Kiky! Hehehe... Yeay! Toss dulu sesama nasabah BNI. Iya nih, BNI adalah bank pertama aku buka rekening. Ibarat cinta, mungkin udah kayak cinta pertama yee, jadi susah untuk pindah rekening ke bank lain

      Delete
  3. Saya juga ikut lombanya ka, #69tahunBNI tapi pas baca disini keren banget konten-kontennya.. :)
    Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eimie :) salam kenal juga! Wah, terimakasih.. good luck buat kita berdua yaaa, semoga sama sama juara hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Maaf belum beruntung, jadi belum menang.. hahaha

      Delete
  5. Hai mbak linda, suka banget sama artikel di blog ini loh. btw aku juga maba disalah satu ptn di depok :) dan BNI juga bekerja sama dengan kampus ini. yang aku mau tanya, setoran awal untuk tapma berapa ya?
    lalu nanti ketika sudah lulus, apakah rekening TAPMA kita masih bisa aktif? sekian, terimakasih. sukses terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo El, kalo dulu aku setoran pertamanya minimal Rp 25.000. Tapi entah kalo sekarang, mungkin udah ganti kebijakannya. Masih bisa bangeeeet.. aku aja masih pake ATM yang ada foto culunnya ini hahaha

      Delete
  6. Kak aku mau tanya, apabila rekening TAPMA telah nihil, secara otomatis rekening TAPMA ditutup oleh sistem? Terus kalo kita udah lulus kuliah apa rekening TAPMA masih bisa digunakan? Tolong dijawab ya kak terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nanda.. Kalo rekening TAPMA nihil setahuku nggak bisa, soalnya harus ada minimum saldo mengendapnya. Nah, kalo udah lulus kuliah masih bisa banget digunakan. Aku aja masih pake ATM ini. Tapi nggak tau secara sistem kepotong biaya administrasinya masih TAPMA atau tabungan biasa. Soalnya dulu kata CS nya kalo TAPMA itu masa berlakunya sekitar 5 tahun

      Delete
  7. Mba, kalo buka tabungan tapma di tahun ke-3 kuliah masih bisa gak yaa? Kalo jangka waktunya 5thn setelah lulus jg saya masih bisa pake dong?

    ReplyDelete
  8. Ada yang tahu ATM BNI Non Tunai di Jogja tidak? Tolong beritahu saya. HP: 085600367914 / pindo.bawono@gmail.com

    ReplyDelete