Wednesday, 24 June 2015

Tips Berambut Pendek

Dari jaman sinetron Tuyul dan Mbak Yull sampe jaman Tujuh Manusia Harimau, gue suka terkagum-kagum kalo ngeliat cewek berambut panjang. Wait, wait, jangan mikir yang enggak-enggak dulu. Gue seratus persen normal dan masih demen sama yang berjakun. Maksudnya, gue suka ngepens gitu kalo ngeliat cewek yang rambutnya terurai panjang ala model iklan shampo. Kok bisa ya miara rambut sebagus itu? I was wondering.

Manjangin rambut adalah satu dari sekian juta resolusi tahun baru yang selalu gue impikan. Sayangnya, diantara sekian juta resolusi gue, hal itu yang nggak pernah kesampean. Bagi seorang Linda, memanjangkan rambut sama halnya kayak mindahin puncak Merbabu ke puncak Sinabung. Susah? Bangeeeeeet!

Gue udah coba segala cara buat memanjangkan rambut. Mulai dari nawaitu memanjangkan rambut, rajin pake kondisioner, rajin hair mask di rumah, rajin beli ini itu anu buat perawatan rambut, sampai keramas pake daun teh basi demi mendapatkan rambut panjang indah berkilau bagai Princess-Princess Disney. Hasilnya? Rambut gue tetep jelek. Panjang dikit, kusam. Nggak disisir bentar, udah kayak gembel. Belom lagi kadang rambut gue suka rontok. Tingkat kerontokannya bahkan pernah mencapai titik terparah waktu gue kuliah di semester tujuh. Gue sampe bingung nih rambut enaknya gue apain ye? Seandainya nggak gampang rontok, mungkin udah gue bleaching ala Mulan Jameela.

Di tengah prahara rambut yang njlimet kayak rumus kalkulus, salah seorang temen gue ngasih saran ke gue,
"Gimana kalo rambut kamu dipotong aja? Kayaknya bakal lebih rapi deh. Kamu juga bakal keliatan lebih fresh" katanya.
Awalnya gue agak sedikit takut ngikutin saran temen gue. Secara, muka gue bulet. Pipi gue kayak tahu isi. Apa kabar kalo potong pendek? Wassalamualaikum kayaknya! Tapi hari demi hari, gue nggak tahan juga ngeliat muka gue yang berantakan karena efek gembelisasi rambut. Akhirnya, setelah merenung dan mengingkari sumpah (sumpah buat manjangin rambut), gue pergi ke salon dan memutuskan untuk memotong rambut.

And guess what? Ternyata punya rambut pendek nggak seserem yang gue bayangin. Muka gue justru terlihat lebih fresh. Efek gembelisasi yang muncul karena rambut kusem gue pun menghilang seketika.

And for the first time of my life, I couldn't be happier pas ngeliat foto rambut baru akika. It's so me!
Rambut pendek ini bikin gue terlihat young, smart, and energic. Sejak saat itu, gue memutuskan untuk membuang jauh-jauh impian menjadi seperti Raisa memiliki rambut panjang! Hahahaha #GadisYangGampangMembelokkanMimpi #MimpinyeMacemMacem #AkibatnyeGiniNih

Oke, oke. Sekarang gue nggak pengen ngebahas panjang lebar tentang impian gue. Sebenernya, disini gue pengen sharing tips memiliki rambut pendek, khususnya buat para cewek yang takut salah potong rambut.

Tips Berambut Pendek :

1. Kamu harus tahu bentuk wajah dan model yang tepat untuk kamu

Basicly, menurut gue rambut pendek adalah model rambut yang cocok untuk seluruh umat. Buktinya, semua cowok selalu keliatan ganteng meski rambutnya nggak panjang. Mwehehehe, yakeleeees namanya juga cowok!

A. Bentuk Wajah Bulat (Round Face)


Biasanya cewek yang punya muka bulat, juga punya pipi yang chubby. Contoh nyata : gue.
Nah, cewek kayak gue ini yang biasanya galau banget kalo keliatan gendut. Potongan pendek yang cocok untuk cewek berwajah bulat adalah model rambut bob plus layer di bagian pipi. Layer punya efek meniruskan pipi dan membuat volume pipi berkurang. So, bye bye pipi chubby!
Cewek berwajah bulat cocok dengan model rambut Pixie Haircut ala Ginnifer Goodwin. But if you want to look not so edgy, bisa juga cobain model rambut Layered Bob ala Kelly Clarkson.

B. Bentuk Wajah Oval (Oval Face)


Wajah oval adalah wajah yang didambakan oleh hampir semua cewek yang ada di dunia ini. Aaargh, me to! I am craving for this kind of face, tapi nasib berkata lain. Yaudah disyukuri aja, sist. By the way, pemilik wajah oval adalah orang yang sangat beruntung karena wajah oval cocok dengan gaya rambut apa saja. Pendek oke, panjang kece, cepak cantik, gundul pun menarik #eh
Referensi gaya rambut pendek untuk si wajah oval adalah Pixie Haircut milik Anne Hathaway dan Emma Watson.

C. Bentuk Wajah Kotak (Square Face)

Cewek berwajah persegi punya bentuk wajah tajam dan rahang tegas. Hati-hati lho kalo mau pilih model rambut pendek! Soalnya kalo sampe salah pilih, bisa-bisa wajah kamu menimbulkan kesan galak dan judes. Nah untuk si wajah kotak, model rambut pendek yang pas adalah potongan dengan layer agar terkesan stylish. Selain itu, rambut pendek untuk si wajah kotak juga bisa dibuat agak sedikit ikal di bagian layernya agar terkesan seksi dan eye catching. Contoh gaya rambut kece ala Hollywood untuk pemilik wajah kotak adalah gaya rambut Keira Knightley dan Mandy Moore.


D. Bentuk Wajah Panjang (Oblong Face)


Bentuk wajah panjang sebenernya hampir sama dengan bentuk wajah oval. Bedanya, pemilik Oblong Face ini memiliki bentuk dahi dan dagu yang lebih panjang. Kalo dalam bahasa Jawa, istilahnya mincis. Potongan pendek yang cocok untuk pemilik wajah panjang adalah model bob dengan poni depan atau Pixie Haircut dengan poni depan. Contoh : Rose Byrne.


E, Bentuk Wajah Segitiga (Heart Face)


Pemilik bentuk wajah segitiga ini bisa dibilang lovely banget. Kenapa? Soalnya bentuk mukanya mirip hati, oleh karena itu disebut juga Heart Face Shape. Wajah segitiga mengerucut di bagian dagu, tapi lebar di bagian dahi. So, model rambut pendek yang cocok untuk si wajah segitiga adalah model rambut pendek dengan poni samping ala Keri Hilson. But if you want to try another haircut just like Halle Berry has, it's okay then. Pixie Cut ala Halle Berry juga cocok kok buat pemilik wajah segitiga.

Nah, setelah tahu model rambut yang cocok untuk bentuk wajah masing-masing, langkah selanjutnya adalah...

2. Potong rambut secara teratur
Girls, for your information nih, rambut pendek ternyata tumbuh lebih cepat daripada rambut panjang. Biar style rambut kamu nggak amburegul alias berantakan, kamu harus rajin memotongnya sebulan sekali di salon. Mmm... nggak dipotong juga sih sebenernya, tapi dirapikan, atau bahasa gaulnya di stylish. Selain untuk mempertahankan model rambut, rajin potong rambut juga bisa mengurangi rambut bercabang dan kerontokan.

3. Mencuci rambut dengan shampo & kondisioner secara teratur
Meskipun rambut ngana pendek, yang namanya perawatan teteup harus berjalan. Jangan lupa untuk keramas secara teratur minimal dua hari sekali dan pakai kondisioner minimal seminggu dua kali.

Well, that's all! Gimana? Gampang kan punya rambut pendek?
Perawatannya simpel banget. Meskipun nggak punya rambut yang bisa dikibas-kibas kayak ekor kuda, tapi kaum rambut pendek ngerasain banyak manfaat yang mungkin nggak dirasain kaum rambut panjang. Salah satunya adalah irit shampoo dan irit listrik!

Lah? Kok bisa?

Iya dooong! Cewek berambut pendek dimana mana shampoo-nya habis belakangan daripada cewek rambut panjang, dan.... hemat listrik karena nggak perlu pake hairdryer buat ngeringin rambut! Cukup ditepuk-tepuk lembut pake handuk dan diangin-anginin sambil ditinggal ngerjain hal lain, dijamin dalam waktu kurang dari sepuluh menit, rambut pendek bakal kering dengan sendirinya hehehe.

Oke deh, segini dulu tips berambut pendek dari gue. Toss dulu ah, buat cewek-cewek berambut pendek nan enerjik yang ada di dunia ini!

Cilacap, Juni 2015

4 comments:

  1. Selain ga ribet, cewe berambut pendek juga imut ;) #toss

    ReplyDelete
  2. Dari SD - SMA rambutku panjang. Sekarang sih sengaja dibikin pendek, biar gampang ngerawatnya, soalnya aku pake hijab.

    Btw rambut barunya ketjeee kakakkk~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener banget. Rambut pendek emang enak buat yang berhijab. Nggak ribet, nggak panas, dan nggak gampang rontok *berasa duta rambut pendek*

      Delete