Nation Building (Part 1) : Dear, Semarang


Tanggal 15 – 21 November kemaren gue pergi ke Semarang buat ikutan Nation Building.

Apa itu Nation Building? 

Nation Building adalah salah satu rangkaian dari acaranya Djarum Foundation (bukan fondation yang buat make up ya maaak), yang diselenggarakan khusus buat para penerima beasiswa plus Djarum atau istilah kerennya : Beswan Djarum.
Alhamdulillah, gue adalah satu dari sekian banyak anak-anak yang terpilih menjadi Beswan Djarum tahun 2012-2013. Dari awal denger beasiswa ini, gue emang udah sengaja ngincer sih. Katanya dengan menjadi Beswan Djarum, hidup lo akan makmur, kesejahteraan lo bakal meningkat, dan status lo bakal terangkat.


Iya sih bener. Kesejahteraan gue bener-bener meningkat sejak jadi Beswan Djarum. Pagi siang sore diglonggong sama makanan berlemak dan minuman berenergi. Alhasil jarum timbangan gue geser ke kanan pasca disahkan sebagai penerima beasiswa ini.

Tanggal 15 November adalah hari pertama gue memulai petualangan perjalanan sebagai Beswan Djarum sejati yang kepo banget sama acara ini. Secara, kakak-kakak angkatan gue heboh banget kalo ngomongin acaranya anak Beswan Djarum. Emang sih, kalo menurut gue Djarum Foundation nih niat banget bikin program beasiswa. Kenapa gue bilang niat banget? Karena nggak kayak beasiswa lain yang cuma ngasih beasiswa berupa uang tunai, Djarum Foundation juga ngasih beasiswa dalam bentuk pelatihan softskill. Salah satunya ya acara Nation Building yang mau gue ikutin ini.



Jam 07.00 adalah jadwal kita, anak-anak Beswan Djarum Purwokerto yang berjumlah sepuluh orang, untuk berangkat ke Semarang. As usual, kebiasaan gue nggak pernah bisa ilang. Gue dateng telat gara-gara kesiangan 

Begitu sampe di kantor Djarum, gue disambut sama seabreg orang-orang yang monyong-monyong sambil ngedumel gara-gara kelamaan nungguin gue. Nyaris aja gue ditinggal, tapi untung ada Pak Supir Bus yang ngaretnya ngelebihin gue hahahaha. Akhirnya kita berangkat satu jam lebih lama dari waktu yang udah di jadwalkan.

Perjalanan Purwokerto – Semarang lumayan makan waktu lama. Gue berasa bego banget karena nggak bawa game atau mp3 player. Akhirnya sepanjang jalan cuma bisa tidur, ngemil, dan ngeliatin jalan. Coba sepanjang jalan banyak cowok ganteng, gue pasti semangat banget. Sayangnya enggak.
Sampe di Semarang kurang lebih jam 2 siang. Badan gue udah berasa dipukulin orang sekampung. Ekspektasi buat bisa langsung tiduran di kasur empuk hotel berbintang sirna ketika gue menghadapi kenyataan bahwa gue dan anak-anak lainnya masih harus nunggu di lobby dalam rangka persiapan check in massal di jam 3 sore. Aigoooo

Untungnya di lobby juga banyak anak-anak Beswan yang nunggu. Gue ketemu sama beberapa anak Beswan dari daerah lain yang juga lagi nunggu dipanggil check in.Lumayan, bisa tebar pesona ngobrol-ngobrol.
Gue ketemu sama anak Jogja yang namanya Dama. Ternyata dunia ini sempit pemirsa! Si Dama ini adalah temennya Anug, satu kampus di fakultas Teknik Geodesi UGM angkatan 2010.
Sebelumnya Anug emang pernah bilang sih, dia punya temen anak Beswan juga yang namanya Achmad Radama wesh ewesh ewesh *kepanjangannya gue lupa*
Eeeh beneran langsung ketemu di lobby. Si Dama adalah Achmad Radama wesh ewesh ewesh yang dimaksud oleh si Anug.

Kalo jodoh emang nggak kemana.


*belom apa-apa udah modus*

By the way ngomongin modus, banyak banget modus-modusan sepanjang cerita National Building ini. Tapi nggak di hari pertama. Entaaar, bakal gue ceritain di hari-hari selanjutnya! Seru banget deh pokoknya!

Back to the story!
Anak-anak Beswan 28 nginep di dua hotel terpisah. Hotel Ciputra sama Hotel Grand Candi.
Entah kenapa gue harus kepisah sama anak-anak cewek yang nginep di Hotel Ciputra. Gue, adalah cewek satu-satunya dari rombongan Purwokerto yang nginep di Hotel Grand Candi. Sisanya, makhluk-makhluk berjambang dan berjakun. Gue sempet curiga, jangan-jangan panitianya ngira gue ini cowok.

After 30 minutes waiting, finally I got my room! It's Room 320.
Sujud syukur, mak! Seenggaknya bukan di lantai 8. Rempong kalo mau naik turun (berhubung eke takut naik lift)


Pas gue liat ceklist roomnya, ternyata gue satu kamar sama dua orang Beswan lainnya. Gue udah bahagia pasang senyum gembira. Kirain bakal "surpriiiiseee...." pas buka kamar. Berharap udah ada 2 roomates cantik lagi berceloteh ria ditemenin cemilan dan nunggu kehadiran gue. Eeeeh... ternyata belon ada satu pun manusia di kamar gue. Gue adalah first comer, cong.

Sialnya, sebagai orang yang belom pernah samasekali nginep di hotel berbintang yang room charge per harinya udah bisa buat mas kawin ijab qobul itu, gue melakukan katroisme luar biasa.

Gue matahin kran shower gara-gara nggak tau gimana caranya ngeluarin air dari kran itu.


  

Jadi ceritanya, begitu sampe kamar, gue mau langsung mandi pake air anget nih. Kran udah ditarik-tarik, diputer-puter, dipencet-pencet dengan berbagai macam gaya, tetep tuh air kagak mau keluar juga.
Inget peribahasa “malu bertanya, sesat di akhirat” akhirnya gue telepon service room operator dan nanya kenapa air kran showernya nggak mau keluar juga. Well, si mbak-mbak resepsionis ngasih instruksi lewat telepon. Tapi menurut gue, instruksinya nggak terlalu jelas ( atau mungkin gue aja yang bego kali ya? ). Akhirnya gue cuma bisa ah, oh, oke, dan terimakasih.

Then, stupid thing happened
Kran shower tak berdosa itu gue tarik-tarik pake the power of Samson, dan akhirnya copot dari tempatnya.

Gue, The Katro Girl from the village pun takut bukan main begitu kran showernya patah.

Gila! Gila! Gila!

Gimana kalo gue dituntut ganti rugi dan suruh ngganti properti ini. Pake duit siapa, Mak? Pake duit siapa? Gue cuma The Katro Girl from Banyumas Village!

Akhirnya dengan rasa sedikit takut, gue putuskan buat call service room dan kali ini gue minta mas-mas service dateng ke kamar gue. Untungnya abis ngebenerin kran shower yang patah itu, mas-mas service ngajarin gimana cara menekan tombol kran dengan anggun, bersahaja, lemah lembut, serta baik dan benar agar air bisa keluar sesuai dengan jalan takdirnya.

Sebelum pergi, mas-mas service berpesan :

“Mbak, dipencet aja ya.. Jangan ditarik”

Gue cuma bisa nyengir kuda sambil ngejawab “Hehe... Iya mas, makasih”

Tengsin banget dalem ati.


Ternyata katroisme adalah hal yang wajar terjadi. Pas bagi-bagi cerita sama anak-anak lain lewat bbm, ditemukan fakta yang lebih parah. Katanya cowok penghuni kamar sebelah gue malah ngirain keset kamar mandi itu handuk.Hahahahahaha serius, gue ngakak sampe kram! 
After the tragedy, gue memutuskan untuk bersikap kalem di kamar hotel. Tiduran sambil nonton tv.

Cuma butuh waktu satu jam sampe gue ngerasa boring. Gue dengan perut laper gue akhirnya memutuskan buat kabur dari hotel secara diam-diam *yaeyalah, mana ada kabur secara brisik-brisik*
Begitu panitia ngijinin gue pergi dengan alasan mau beli pecel lele di seberang hotel, gue cepet-cepet ngabur dan masuk ke dalem mobil Cherry yang udah nunggu di samping hotel.
Karena ngabur nggak ada arah tujuan, akhirnya Cherry ngajakin gue makan di Mall Citraland. #TheKatroGirlGoesToTheMall


Kemudian #TheKatroGirl bertemu dengan Om Om ini.

Bosen sama suasana mall, akhirnya gue putusin buat jalan-jalan ngeliat keindahan kota Semarang.
First destination?
Kemana lagi kalo bukan ke tempat yang jadi ikon kota Semarang, yaitu Lawang Sewu.


Berhubung Lawang Sewunya tutup, akhirnya kita cuma numpang foto-foto aja di sekitarnya


Cucut, #TheKatroGirl, and Cherry

Well, that was my first day on Nation Building Semarang.
Tunggu next postingnya yaaa! Masih ada hari kedua sampe hari ke enam!
Hahaha
Pengen banget ceritain secara detail dari hari ke harinya.

Eh, maaf cerewet.


Purwokerto, November 2012

Comments

  1. Verу nіce post. I just stumbled upon уοur blоg anԁ wаntеԁ to say that I've really enjoyed surfing around your blog posts. After all I will be subscribing to your feed and I hope you write again soon!
    Also visit my blog post loans for bad credit

    ReplyDelete
  2. Dο уоu minԁ if I quote a couple οf your articles as long as I рrovide creԁit
    anԁ ѕources bаck to youг ωebpage?
    My blog site is in the eхact samе area of inteгеst aѕ
    youгs and mу νisitors would genuinely benеfit from a lot of thе informаtion you prеsеnt heгe.

    Ρlease let me know if this оkаy with yоu.

    Thanks а lot!
    Stop by my blog post ... loans for bad credit

    ReplyDelete
  3. I eѵery tіmе spent mу half an houг to read this ωebsite's posts all the time along with a cup of coffee.
    My website > how to stop snoring at night naturally

    ReplyDelete
  4. Thanks for thе gοоd wгiteuр.
    It in faсt was once a enjoyment accοunt it. Look сomρlех tο moгe bгought
    agreeаble frоm уou! By the way, how can
    wе keep in touсh?
    Also see my webpage - no credit check loans

    ReplyDelete
  5. Hello verу nice blog!! Мan .. Beautiful ..
    Superb .. I'll bookmark your site and take the feeds also? I am glad to seek out so many useful information right here in the put up, we want work out more techniques on this regard, thanks for sharing. . . . . .
    Visit my site ... 1 month loan

    ReplyDelete
  6. What i do not гealіze is in reality how you're no longer actually much more smartly-preferred than you might be right now. You're so intelligent.

    You alreadу know thus consіderably in гelatiоn to thіѕ topiс, produced mе іn my opіniοn consideг it from a lot of numerous angles.

    Its liκe men anԁ ωοmen ԁon't seem to be fascinated except it's
    one thіng to dο with Girl gagа!

    Yοur ρersonal stuffs nice. All the time hаndle it up!
    My page: loans for bad credit

    ReplyDelete
  7. I got this sіte from my pal ωhο infoгmed me on thе toρic of
    thіs web site and at the mοment thіs tіme I am browsing this web pagе and reaԁing
    veгу іnfoгmatiѵе content at this place.


    My web blog - New Bingo Sites
    Also visit my blog post - New Bingo Sites

    ReplyDelete
  8. Great post. I am ԁеaling ωіth some of theѕe issues aѕ
    well..

    Also viѕit my homepаge; quick payday loans
    Also visit my weblog : quick payday loans

    ReplyDelete
  9. I nеeԁed to thank you for thiѕ fantaѕtic
    read!! Ӏ definitely loѵeԁ
    every little bit of it. I have got you bookmarked to check out nеw things you post…

    Visit my sitе :: bad credit payday loans
    Feel free to surf my website - bad credit payday loans

    ReplyDelete
  10. http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/http://www.maisiesloans.co.uk/Hello, all the time i usеd tо сhecκ
    website posts here in the earlу hours in the break of
    day, since i lоve tо learn more and more.


    Feel fгee to suгf to my web sіte; best payday loans
    Also visit my blog %anchor_text%

    ReplyDelete
  11. Asking questions are actuallу fаѕtіԁious thіng if уou
    are not unԁerstаnding аnything fully, eхcept thiѕ article pгovides pleasant unԁerѕtanding yet.


    Here is my pagе Eternity rings

    ReplyDelete
  12. I'm not sure where you are getting your info, but good topic. I needs to spend some time learning more or understanding more. Thanks for excellent information I was looking for this information for my mission.

    My blog post ... quick cash loans

    ReplyDelete
  13. Awesοme! Its genuinely aωesome piece of writing, Ι have got much cleaг idеа concerning fгom this piecе of
    writing.

    my blog post - weight loss

    ReplyDelete
  14. Wonԁerful article! Wе will be linkіng to this
    grеat post оn our sitе.
    Keeр uρ the great writіng.

    Hеre iѕ mу blog post - lose weight

    ReplyDelete
  15. you're really a good webmaster. The site loading pace is incredible. It kind of feels that you're ԁoing any unіque tгіck.
    Ιn аdditіon, The contentѕ aгe
    mаsteгwork. you havе done a еxcellеnt ргocеss іn this
    topіc!

    Heгe іs my weblog :: diet
    my website: diet

    ReplyDelete
  16. Your style іs гeаllу unique comparеd to other folks I've read stuff from. Many thanks for posting when you'νe got the opportunity,
    Guess I'll just book mark this blog.

    Feel free to visit my weblog: quick payday loans

    ReplyDelete
  17. Ηello, i think that і saw уou
    visіted my ωeb site so i came to “return the favoг”.

    I am trying tο find thingѕ to enhаnce my website!
    I suppоse its ok to use ѕome οf
    yοur ideas!!

    Also viѕit my page :: Eternity rings

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts