Tuesday, 7 July 2015

Cuma Ada di Indonesia

Sebenernya malem ini gue mau posting sebuah tulisan. Tapi karena materinya belom selese dan mendadak gue terserang demam kasihsayang  dan influenza, akhirnya gue lebih memilih untuk menarik selimut dan tenggelam dalam kehangatan pelukanmu bed cover.

Sebagai gantinya, gue mau repost sebuah postingan dari blog gue yang lain. Ini adalah salah satu postingan tentang Indonesia yang berhasil nganterin gue jalan-jalan ke Pulau Derawan sebagai pemenang blog competition Beswan Djarum. Cieee shombhoooong. ..





"Kenapa sih kalian cinta sama Indonesia?" 
"Yaaah ... Kita kan lahir, tinggal, dan besar di Indonesia. Masa nggak cinta sama negara kita sendiri?"
"Terus, kalo kalian lahir di Amerika? Berarti kalian cintanya sama Amerika dong? "
"Hmmm ... Bisa jadi"
.........
* Kemudian hening *

Banyak orang yang masih bingung kalo ditanya "kenapa sih kalian cinta sama Indonesia?"
Termasuk gue sebenernya, muehehehe.
Bingung, karena banyak banget alesan yang menurut gue nggak bisa dijelasin sama kata-kata dan dirangkai jadi beberapa kalimat untuk menggambarkan kenapa kita cinta sama negara ini. Negara yang punya peringkat tinggi di bidang korupsi, negera yang pembangunannya nggak merata, negara dengan pemerintahan yang buruk, negera yang sebagian rakyatnya menderita gizi buruk, dan hal-hal lainnya yang ngeselin. Lucunya, biarpun kzl, kita tetep cinta sama negeri ini. Buktinya, kita masih aja mau tinggal disini dan jadi WNI kan? Hehehe.
Ya, itulah namanya cinta. Kalo digolongkan ke jenis cinta, cinta kita ke Indonesia ini semacam unconditionally love . Ibarat cinta seorang ibu ke anaknya yang baru lahir. Mau anaknya berkulit hitam kek, putih kek, kuning kek, rambutnya lurus kue, kriting kek, brokoli kek, ngga peduli. Yang penting tetep cinta. No matter what .

Dari sekian banyak hal yang ada di Indonesia negeri kita tercinta ini, mungkin kata 'unik' lah yang paling bisa mewakili perasaan gue ketika gue ditanya kenapa gue cinta sama Indonesia.
Menurut gue, Indonesia ini unik. Kenapa?
Well, banyak hal menarik yang bisa kalian temukan di Indonesia.
Pemulung bakal dimutilasi kalo masuk. Kasian kan? Padahal pemulung juga manusia :(

Ketua RT aja digigit! Greget kaliya? Mungkin yang nggak bakal digigit cuma Haji Lulung



Fenomena Cabe-Cabean. Satu motor bertiga, semua nggak ada yang pake helm.

Welcome to Indonesia, Sir!
Saking alaynya gambar orang-orang Indonesia, selama ini banyak banget orang luar negeri yang sering memandang sebelah mata sama kita. Disini gue tegasin lagi. Indonesia tuh sebenernya nggak alay, tapi kreatif. Sayangnya, kreativitas yang dipunya sama orang-orang kita belom tersalurkan menjadi hal-hal yang brilian. Jadi sesat deh akhirnya. *ngeles*
Nah, guys! Ini menjadi tugas kita untuk menunjukkan ke seluruh dunia  kalo negeri ini adalah negeri yang samasekali nggak pantes dipandang sebelah mata.
Dibalik hal-hal unik aneh kayak diatas (hehehe), Indonesia juga punya banyak hal unik lainnya. Kali ini hal unik dalam arti positif ya, Bapak-Bapak Ibu-Ibu. Mulai dari suku bangsa, budaya, sampe.... kulinernya!

Aduuuuh, jadi malu. Ketebak banget kan gue mau ngebahas tentang kuliner, hehehe

Udah nggak diragukan lagi yang namanya kuliner Indonesia emang maknyoss bin asoy. Jadi kenapa gue bahas kuliner? Bukan kekayaan? Rumah adat? Tari tradisional? Atau Haji Lulung Bahasa?
Pertama, karena kuliner atau makanan diakui sebagai alat promosi yang efektif. Beberapa negara bahkan mengatur fokus pada makanan sebagai produk wisata mereka. Contoh Perancis, Italia, Thailand. Sering banget kan kita diajak makan di restoran dengan label makanan khas negara-negara tersebut? Restoran Perancis lah! Restoran Italia lah! Restoran Thailand lah! Coba sekali-sekali pas di luar negeri, ada yang ngajakin makan di restoran Indonesia. Sounds cool pastinya!
Kedua , karena faktanya, MAKANAN INDONESIA ITU ENAK *pake capslock biar greget*
Sayang banget kalo makanan negara kita yang enak-enak ini nggak kita perkenalkan kepada dunia. Kalo dipikir-pikir sebenernya buka bisnis makanan Indonesia itu lumayan berprospek lho! Contoh: di Arab pas musim haji, wakakakak.
Alasan ketiga adalah karena gue demen makan, titik. *koma hanya dipakai ketika gue lagi ngomongin diet*
So, ini dia beberapa alesan kenapa kita harus cinta dan bangga sama Indonesia! Terima kasih untuk kuliner Indonesia yang unik dan enak!

1. Nasi Padang



Maaaak, tambo ciak! Tambooo! * Sambil ELAP iler *

Silahkan bagi yang bilang gue ini ngawur. But guys, in my humble opinion , Nasi Padang wajib hukumnya untuk didaftarkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia!
indehoy_with_nasipadang.jpeg

Saking cintanya sama Nasi Padang, gue berencana buat ngirim petisi ke pemerintah supaya cepet-cepet mematenkan Nasi Padang sebelum diklaim sebagai makanan khas negara lain! *if you know what I mean. Secara, tetangga sebelah ada yang suka ngaku-ngaku*
Nasi Padang adalah makanan yang begitu menggoda karena enak dan harganya ekonomis. Satu porsi nasi rendang biasanya dipatok dengan harga Rp 10.000-12.000 aja. Kecuali elo beli di rumah makan Padang yang ada AC sama tempat ATM nya, itu hal beda ya tjooooy
Satu porsi Nasi Padang disajikan lengkap dengan lauk, daun singkong rebus, sambel ijo, sayur nangka, dan kuah lezat berbumbu khas Minang yang rasanya bakal bikin lidah ajojing setiap menikmatinya. lauknya pun beraneka ragam. Ada rendang, kikil, iso, babat, gulai ayam, gulai otak, cincang, paruh, dan lain-lain.

Rendang yang dijamin zuper nendang

Lauk favorit gue kalo makan Nasi Padang adalah rendang. And for your information , rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNNGo di tahun 2011. Tuuuuh kan! International people aja mengakui kedahsyatan rendang! Kita sebagai warga negara Indonesia masa enggak?
Kesaktian Nasi Padang bahkan terbukti lewat sebuah artikel di koran. Ceritanya, ada seorang bule Amrik yang dateng ke Indonesia buat berkunjung ke rumah sodaranya. Suatu ketika, si bule diajak makan di rumah makan Padang. Awalnya si bule ini agak underestimate sama masakan Padang. Soalnya kalo diliat-liat emang agak serem sih ya, bok! ngebayangin nggak sih orang yang belom pernah makan jeroan sapi tiba-tiba disuruh nyobain makanan macem begini? Kalo eke sih jelas takut hahaha. Tapi mungkin karena laper, akhirnya si bule mau juga. Tanpa disangka, si bule langsung  jatuh cinta pada suapan pertama!  Singkat cerita, si bule kecanduan Nasi Padang. Menurut pengakuannya, dalam sehari si bule bisa menghabiskan  3-4 porsi  Nasi Padang. Saking gilanya nih bule sama Nasi Padang, dia sempet bilang kalo dia mau ganti kewarganegaraan biar bisa makan Nasi Padang tiap hari.

Buseeeeeett ...
Situ demen apa kesurupan, Pak?

2. Soto

Soto dan kuahnya yang segar

Taruhan deeeeh, nggak ada orang Indonesia yang bisa menolak kelezatan semangkuk soto. Terutama, orang yang nulis postingan ini. Lah? Gue dong? Hehehe
Sebagai sotoholic (baca: pecinta soto tingkat akut), gue demen banget sama segala jenis makanan berkuah yang satu ini. Soto emang makanan populer yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan bisa dibilang hampir disukai sama semua orang. Oleh karena itu, nggak heran kalo jenisnya berbeda dari satu daerah ke daerah lain. 

Soto Lamongan

Soto Betawi

Soto Semarang

Selain itu, ada juga Soto Medan, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Kudus, Soto Pekalongan, Soto Banyumas, Soto Kadipuro, Soto Madura, Soto Makassar (atau yang biasa disebut Cotto Makassar), dan lain-lain.
Menurut gue, soto ini makanan yang bhineka tunggal ika. Berbeda-beda tapi teteup satu rasa. E-nak! Perbedaan antar soto di sebuah daerah dengan daerah lain biasanyaa ada pada kuah dan isinya. Misalnya nih, di Semarang, soto disajikan dengan kuah bening, nasi, daun bawang, kecambah, suwiran ayam, plus sate kerang atau sate usus. Beda sama di Betawi yang sotonya disajikan dengan kuah santan, suwiran ayam, tomat, bihun, daun bawang, kecambah, dan kerupuk melinjo.
Intinya, soto di setiap daerah punya rasa dan ciri khas tersendiri. Kalo di tempat gue, ada juga jenis soto yang jadi ciri khas daerah sini. Orang-orang menyebutnya dengan julukan 'Sroto', bukan Soto.


Tadaaaa.... Ini dia Sroto Sokaraja, kuliner khas daerah Banyumas. Soto Sokaraja ini punya ciri khas kuah bumbu kacang yang kalo diseruput, enaknya bakal nyetrum sampe ke ubun-ubun!
Eh, nggak percaya? Sini dong, main ke Banyumas! Pecinta bumbu kacang dijamin bakal rokenrol setelah makan Sroto yang satu ini!

3. Nasi Goreng

Satu lagi nih, primadona kuliner Indonesia. Nasi goreng!

Mungkin buat kita, orang Indonesia yang hampir tiap hari sarapan pake nasi goreng, makanan yang satu ini rasanya biasa aja. Nggak istimewa.
Tapi siape bilang, bok?  Justru nasi goreng ini adalah the most wanted-nya bule-bule ketika mereka berkunjung ke Indonesia.

Vokalis grup Karmin , si cantik Amy Heidemann bilang kalo dia suka banget sama makanan ini. Waktu datang ke Indonesia, Amy selalu memesan nasi goreng di setiap jam makannya. Breakfast, lunch, dinner , selalu ditemenin sama nasi goreng. Pokoknya nasi goreng ini udah dianggap lauk wajib buat dia (lhah!?) . Saking demennya, baru sebentar di Indonesia berat badan Amy naik gara-gara kecanduan nasi goreng. Hehehe, nasi goreng emang guilty pleasure.


Sama halnya kayak soto, nasi goreng juga punya banyak jenis di Indonesia. Mulai dari nasi goreng seafood, nasi goreng ayam, nasi goreng sosis, nasi goreng Jawa, dan lain-lain. Dan semuanya enak di lidah gue!

4. Gudeg

Inget gudeg, inget Jogja

Sebenernya gue belom lama resmi jadi pecinta gudeg. Dulunya gue nggak begitu suka gudeg karena makanan yang satu ini punya ciri khas manis. Tapi setelah sempet tinggal beberapa lama di Jogja, fixed! Gue tergila-gila sama makanan yang satu ini.
Bok, ternyata gudeg itu enak bhuwanget kalo dimakan sama nasi putih yang mengepul-ngepul asepnya plus krupuk rambak yang ditambah cabe rawit pedes. Nyaaaaammm! Sri Sultan, aku padamuuuu! Hahaha.
Gudeg adalah makanan yang terbuat dari buah nangka. Proses bikinnya kayaknya sih ribet, hahaha. Yang jelas jangan tanya gue kayak gimana. Rasanya manis dan ada sensasi kecut-kecutnya dikit. Mmm semacam bacem gitu. Overall enak!
Setiap makan gudeg di kota lain, gue jadi kangen Jogja. Soalnya nggak ada gudeg di kota lain yang seenak gudeg di kota Jogja. Ah, tuhkan. Gue jadi pengen kesana. Skip, skip!

5. Bakso





Satu lagi makanan yang nggak bisa gue tolak kehadirannya. Sekalipun lagi diet, makanan yang satu ini selalu bikin gue melontarkan kata-kata "yaudah, dietnya ditunda besok deh" dan beberapat detik kemudian... Nyammm! Langsung masuk ke mulut dengan mudahnya.
Yup!  Bakso.
Si bulet berkuah menggoda.
Seperti halnya soto, bakso juga beragam jenisnya di Indonesia. Yang paling terkenal adalah bakso Malang, yang lengkap disajikan dengan mie kuning, pangsit goreng, pangsit rebus, bakso tahu, bakso goreng, daun bawang dan bawang goreng diatasnya. *kan, kaaan... jadi ngebayangin! Salah siapa nih kalo gue laper?*


Secara keseluruhan, kesaktian dan pesona makanan khas asal Indonesia yang satu ini emang patut diacungi jempol. Masih inget kan pidatonya presiden AS Mr. Barrack Obama waktu berkunjung ke Indonesia? Di salah satu kalimat dalam pidatonya, Mr. President menyebutkan kata 'bakso' sebagai makanan yang pernah ada di kenangan masa kecilnya pas beliau tinggal di Indonesia. Artinya, bakso emang makanan yang paling bisa bikin kita gagal move on dan gagal diet. wakakakak, syuper enak cyiiin!


Sesaat setelah pidato kunjungan itu, bakso mendadak jadi terkenal di Amerika Serikat. Bahkan ada beberapa situs berita disana yang menuliskan sebuah artikel khusus tentang bakso. Tulisan itu berjudul ' Bakso: the soup President Obama loved as a child 
Wah, kalo gini cucok kaliyee Mr. Obama kita jadiin Duta Bakso Internasional?

6. Gado-Gado



Javanese Salad


Bisa dibilang, gado-gado ini saladnya orang Jawa. Pernah kepikiran nggak sih? Sebelum orang-orang bule nemuin makanan dari sayur, keju, cuka, plus mustard yang diaduk-aduk jadi satu dan bernama salad itu, sebenernya orang Indonesia jauh lebih dulu nemuin gado-gado yang rasanya seratus kali lebih enak!
Kenapa gue bilang lebih enak?
Dibanding saus salad yang terbuat dari cuka plus mustard, gado-gado punya saus kacang yang lebih enak untuk dinikmati. Sehat? Jelas dong! Soalnya gado-gado terdiri dari sayuran hijau seperti kacang panjang, kecambah, kubis, dan tomat yang banyak mengandung antioksidan. Nggak cuma sayuran, ada juga tahu dan kerupuk sebagai penambah selera saat gado-gado disantap.

biasanya, ibu penjual gado-gado ngulek bumbu kacang sambil dengerin musik dangdut. Biar afdol kaliyeee? Ngulek sambil goyang. Serrr

The power of saus kacang kembali membawa gado-gado jadi salah satu makanan enak Indonesia versi gue. Ternyata nggak cuma gue yang suka gado-gado. Penyanyi asal Australia, Lenka, juga suka sama gado-gado. Ecieee kembaran sama Lenka.

Eh, nggak kerasa udah enam makanan yang gue bahas di tulisan ini. Sebenernya masih banyak makanan lain khas Indonesia yang pengen gue bahas kayak sate, siomay, martabak, cilok, makaroni danau, dan lain-lain. Sayang, gue takut baper. Takut kebawa perasaan.  Maklum, lagi bulan puasa. Suka gimanaaaa gitu kalo ngebahas makanan.
Dari semua hal yang udah gue tulis di atas, kita harus bersyukur dan bangga lho jadi orang Indonesia! Soalnya, hampir tiap hari kita ketemu sama makanan-makanan enak yang tercipta secara ajaib yang selalu bikin perut kita bahagia. Happy tummy, happy soul!
Emmm... Next time mungkin gue bakal ngebahas tentang hal-hal lain yang cuma ada di Indonesia. Sekarang gue mau recovery dulu. Oke? See you

* Oles krim malam-tarik selimut-beroda-bobo chantiq *


Cilacap, Juli 2015

4 comments:

  1. salah nih aku baca cerita ini pagi pagi gini :3 bikin ngiler , aku puasa maaaaakk. dosa nih yang bikin cerita. tanggung jawab ah :"(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha haloo maaak! maap ye, maap. Mumpung momennya pas, minal aidzin wal faizin dulu deh :p

      Delete
  2. Tepat jam 01.34 gw baca -_- di bulan puasa yahhh :3 untung lagi ga puasa ☺ buahaha eh ka lain kali bahas minuman banyak juga tuh kaya bajigur, bandrek, sekoteng, serada, serbad, ronde, jae susu, kopyor, es campur, es aceh, banyaaak :D
    oiya gw suka tu ka kutipan
    "walaupun bebeda-beda tetep 1 rasa enaaaak" hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan indonesia emang menggoda yes? alhamdulillah, bersyukur jadi orang indonesia. Meski agak carut marut negaranye~

      Delete