Tuesday, 13 September 2011

Tragedi Salah Potong Rambut

Kemaren waktu habis nonton Chibi Maruko Chan, tiba-tiba gue keinget sesuatu.

Apaan sih sesuatu? Syahrini maksud lo?

Bukan, bukan. Sesuatu yang ini bukan menyangkut Princess Syahrini dan jargonnya yang terkenal itu. Sesuatu disini adalah sebuah kenangan yang bakal gue inget dan membekas banget di pikiran gue untuk selama lama lama lamanya.

Jadi, begini ceritanya
*ala ala presenter Kismis*

Pada masa jahiliyah antah berantah, hiduplah seorang gadis yang nggak pernah bisa punya rambut panjang. Hobinya apa? Ya, hobinya adalah potong rambut karena dia selalu merasa gerah tiap kali rambutnya panjang dikit. Suatu hari, si gadis mengalami nasib sial karena salah potong rambut. Bayangin! Bayangin! Pada masa jahiliyah antah berantah (read : masa SMA), yang namanya tragedi salah potong rambut itu bener bener da real tragedi yang bakal bikin lo nggak buat pergi ke sekolah dan setiap harinya minta tambahan uang saku buat beli shampoo penumbuh rambut atau bahkan kalo bisa sekalian beli wig!

Kesalahan yang dilakukan sama Wati (sebut saja capster jahanam itu bernama Wati ya pemirsa), adalah kesalahan yang mungkin kalo Wati lakuin ke presiden, si Wati ini bakal langsung dikasih hukum pancung.

tampak belakang

tampak samping


Fenomena rambut Chibi Maruko Chan akibat Wati Sang Capster Jahanam itu pun mulai tersebar di sekolah. Awalnya, of course temen-temen sekelas heboh ngeliat gue dateng, masuk kelas, copot helm, dan mendadak punya muka aneh akibat rambut ala Qibil Changcuters ini. Beberapa pertanyaan pun terlintas dari mulut mereka.

"Linda kenapa sih? Putus cinta ya?”

"Nda, kamu becanda ya? Wig nya dicopot dulu dong"

"Nda, ini beneran rambut asli?"

"Ng... Jangan terlalu mikirin SNMPTN. Nanti kamu tertekan"

Waktu itu pengen teriak sekenceng-kencengnya di depan muka temen-temen sambil pelototin mereka satu-satu.
Gue nggak putus cinta! Gue nggak tertekan karena ujian nasional atau SMPTN! Gue hanya korban dari kekejaman Wati! Gue masih betah cantik dengan rambut sebahu ala Olivia Jensen! Tapi Wati telah merenggutnya dariku!

Ekspresi temen-temen cukup unik sih pas ngeliat perubahan style rambut gue. Ada yang nepuk-nepuk pundak sambil bilang "Sabar yaaa" ada juga yang diem aja tapi mukanya nahan ngekek, ada juga yang ngekek keras-keras di depan muka gue, ada juga... yaaah... banyak deh! Cemacem!
Ada juga yang minta diceritain kenapa rambut gue bernasib malang begini. Akhirnya gue cerita sama mereka asal muasal bersemayamnya rambut batok ini di kepala gue.

Semua dimulai pada hari itu.
Hari dimana gue pergi ke salon ( sebut saja salon X ) buat potong rambut. Ternyata, Mbak Mawar, capster ramah tamah baik hati bersertifikat dan berintegritas yang biasa motong rambut gue lagi nggak ada. Katanya sih Mbak Mawar ini lagi ada acara keluarga di desanya.
Akhirnya gue memutuskan untuk balik dari salon itu. Tapi baru separo jalan keluar dari pintu salon, tiba-tiba ada tante-tante dengan dandanan hebring nyamperin gue. Ya, dia adalah Wati. Tante-tante bedak tebel beralis cetar dan berbaju mini ketat ala Pinkan Mambo.
Wati : "Gimana, Mbak? Mau potong ya?"
Gue : "Ng... iya. Saya mau potong sama Mbak Mawar, tapi Mbak Mawar-nya nggak ada"
Wati : "Oh iya, si Mawar emang lagi pulang ke desa. Yaudah sini, potong sama saya aja"
Gue : "Tapi saya biasa potong rambut sama Mbak Mawar sih"
Wati : ( berkata dengan SOTOY nya ) "Ah, sama aja. Si Mawar itu kan murid saya! Dia belajar motong rambut juga sama saya! Udah, sama saya aja. Mau ya?"
Awalnya gue ragu-ragu sama ajakan Tante Wati. Apalagi kalo ngeliat gayanya yang kayak penyanyi dangdut. Tapi karena dibujuk dengan segala daya dan upaya, akhirnya aku iya-in aja kata-kata si Wati. Sementara Wati sibuk menyiapkan peralatan tempurnya, gue duduk di kursi customer sambil buka-buka majalah. Tiba-tiba Wati diem sambil ngeliatin gue. Tangan kanannya udah megang gunting, tangan kirinya megang sisir. Pandangan matanya tertuju ke arah muka gue.

Bulu kuduk gue mendadak berdiri. Gue ngerasain ada firasat aneh.
Wati : "Mbaknya ini punya muka oriental. Gimana kalo potong rambut kayak Agnes Monica?"
Gue : "Mmm... Agnes Monica?" (gue agak ragu sih. Secara, Agnes Monica kan suka potong rambut aneh-aneh. Tapi nggak masalah sih, doi kan cantik. Nah gue?)
Wati : "Iya, Agnes Monica yang diiklan Vario itu lho. Cakep banget rambutnya! Kayak boneka Jepang. Cocok lho buat muka kamu"
Gue : "Wah, yang kayak apa ya? Saya nggak tahu Tante..."
Wati : "Keren kok! Bener deh! Mukamu kan imut" (beneran doi bilang gitu. Tapi aku yakin ini hanya rayuan gombal)
Gue : "Kayaknya saya potong rambut kayak biasa aja deh. Dirapiin aja deh, Tante"
Wati : “Lho? Nggak mau nyoba? Bener lho bagus!"
Gue terus bersikukuh buat nolak Wati yang entah lagi kesurupan setan apa waktu itu, ngotot banget pengen motong rambut gue dengan gaya Agnes Monica. Wati bahkan sampe keteteran sendiri nyari-nyari majalah bergambar Agnes Monica naik motor Vario. Sayangnya, Wati nggak berhasil nemuin majalah yang dimaksud. Tapi tetep yew, Wati ngebet berat pengen motong rambut gue ala Agnes Monica. Sampe akhirnya, si Wati ini nemu sebuah model rambut yang kata dia mirip sama model rambut Agnes Monica. Karena nggak terlalu pendek, akhirnya gue sepakatin aja apa maunya dia.
Gue : "Rambutnya kayak gini? Ini nggak kependekan kan?"
Wati : "Iya, kayak gini. Enggak kok, nggak kependekan" (kata Wati sambil tersenyum iblis)
Gue : "Mmm... Yaudah deh. Kalo nggak kependekan gini sih boleh"
Begitu kata setuju meluncur dari mulut gue, Wati langsung tersenyum girang. Layaknya Uya Kuya yang mau menghipnotis pasien, Wati nyuruh gue duduk dengan rileks sambil baca majalah. Gue akhirnya pasrah dan memutuskan untuk fokus baca majalah. Kres, kres! Wati mulai motong rambut gue. Sampai tiba-tiba...
Gue merasakan semilir angin yang tertiup lewat tenguk gue.
Ada apa ini, Rangga!?
Gue : "Eh, Tante? Ini kok pendek banget sih? Jangan pendek-pendek”
Wati : "Enggak, ini nggak pendek kok! Tenang aja, percaya deh! Keren banget!"
Gue : (merasakan hawa-hawa nggak enak) "Tapi..."
Wati : "Ini kan belum selese! Pokoknya nanti keren deh! Lebih bagus dari potongan yang kemaren"
Karena gue ngerasa nggak enak telah mempertanyakan kredibilitas capster yang katanya guru dari capster gue, akhirnya gue pasrah dan tunduk menurut. Namun akhirnya, kepercayaan gue sama Tante Wati Mambo ini terbayar pahit setelah sesi potong rambut berakhir dan gue ngeliat ke arah cermin.

What the....
Kampreeeeet Watiiiii! Kau sungguh kampreeeeeet!

Rasa antara pengen ngumpat di depan muka si Wati tapi akhirnya cuma ngumpat di hati, galau pengen nangis, tapi juga ngakak pengen ketawa, bercampur jadi satu. Nasi telah menjadi bubur. Wati emang nggak oke! Harusnya gue percaya sama insting gue sejak awal.
Gue : "Buset, mukaku kok jadi gini ya? Lucu banget! Hahaha..." (ketawa garing)
Wati : (Tersenyum dengan wajah tidak berdosa) “Tuh, kan? Bagus kan? Kamu jadi tambah lucu!"
Aku : "Hehe...Ng... Iya, iya" ( sambil ngebatin : LUCU APANYA? INI SIH KEPENDEKAN, SETAN!!! )
Penyesalan pun berkecamuk sepanjang jalan. Kembalikan rambutku, Watiiiiii! Rasanya gue pengen teriak gitu sama si Wati. Gue marah, kesel. Tapi gimana bisa marah? Setiap ngelirik ke kaca, ngeliat muka sendiri, yang ada cuma rasa geli. Me, look so stupid and silly.
Gimana lagi dong? Nasi udah jadi bubur. Yang bisa gue lakuin cuma nambahain suwiran ayam, seledri, dan bawang goreng diatasnya. Nikmatin! Sampe nggak bersisa!

Untung diantara sekian banyak temen-temen yang ngatain gue kayak pacarnya Boboho atau gue kayak Chibi Maruko Chan, masih ada juga temen-temen yang ngasih support sama gue.
“Nggak papa, Nda... Nggak papa... Bentar lagi juga tumbuh. Aku tahu shampoo yang bisa bikin rambut cepet tumbuh. Kamu mau?”
Saat itu gue pun tersadar. Gue patut bersyukur, meskipun nggak punya rambut bagus, gue masih punya temen-temen yang care dan mau nerima gue apa adanya apapun bentuknya.


Saking pedulinya, mereka ngasih pita di rambut gue


Purwokerto, September 2011

19 comments:

  1. ahahahahhahahaha,,ohhh gtu ya ceritanya????? wkwkkw,,g nyangka,,kirain kmu emnag niat bgt buat potong kya pacarnya boboho nda,,,,awawawaw...

    nek potong yg terakhir itu judulnya apa ya? yg kaya ayam kate,,unyu juga,,,pengen,,wkwkwkk

    ReplyDelete
  2. iyeee... puas ye ketawa? -___- Rrrr!

    itu kalo yang terakhir namanya potong gaya Sluku Sluku Batok. Alias Rambut ayam kate *mamaku yang ngasi nama

    unyu si emang, tapi aku gendut jadi gapantes. hahahaha :p

    ReplyDelete
  3. wah ada marukoooo!!
    nippon cha cha cha nippon cha cha cha...
    eh itu kobochan ding hahaha

    ReplyDelete
  4. kalau rambutnya lurus, bagus lho diapain aja. :)

    yang chibi maruko chan lucu lho ^^

    ReplyDelete
  5. wiw lucu kok ^__^
    hehehe ntar jg pjg lg sob :D

    eike ngrti coz eike jg prnah potong rmbut kpendekan *jambak2 rambut*

    ReplyDelete
  6. Huahahahaa.
    Beneran suer itu mirip banget chibi marukochannya.
    Ajib keren !

    Tapi setelah dipermak lagi iya beneran mirip sama cewek yang main fi coffe prince.
    alahhh #korban film kore

    cantip kok mbak linda :)
    #no.rekening via message yah hhi

    ReplyDelete
  7. BUAHAHAHAHAHAHAHAHA


    TAPI TETEP CUANTIKS LOHHHH!!!! SUER!!!

    ReplyDelete
  8. hahahahaha.. tapi lucu kok sistaaaaaa >.<

    bener2 mirip chibi maruko chan.. tapi versi indo. hahahaha..!

    ReplyDelete
  9. astaga! astaga! apa iniiii?! sama! ini sama! senasib banget sama saya! as-ta-ga :o

    pas liat dasbor, biasa deh liatin postingan baru blog yang saya follow. pas liat ini... *hening* baru aja saya posting accident salon kayak begini juga huhuhu

    kakak, jadi... gimana menjalani hari-hari kakak setelah tragedi itu? jeng jeng! *pake backsound*

    ReplyDelete
  10. mau model ramabut apa aja tetep unyu kok sist ;)

    ReplyDelete
  11. wew... waktu belum baca sepenuhnya n cuma sekilas liat fotonya.. ku kira kamu emang niatnya tampil different..hmm... jadi inget pas dulu dikerjain sama tukang potong rambut langganan yang akhirnya aku dipotong semi mohawk.. wuih,,, ga lagi deh... ampun dah...
    tapi ttp bagus kq sist...

    ReplyDelete
  12. Ya Ampun Linda aku nggak nyangka kamu SMA bisa se... se... mm.. kasi tau nggak yaa :D

    anw, minal aidin wal faidzin yah LInd *peluk blogmu* lama beudh aq nggak k siniih :3

    ReplyDelete
  13. Nda, yang rambut chibi marukochan itu lucu lhoooo
    serius deh :3

    ReplyDelete
  14. Dari chibi maruko chan berubah jadi gaul, hahaha...mantab

    ReplyDelete
  15. Gw juga pernah kaya gituuuu Щ(º̩̩́Дº̩̩̀Щ)
    Kampretoss banget dah ma mba2 salonnya ><

    Tapi, gapapalah, ambil hikmahnya aja
    Gw kejadiannya masih esde, lah lu nda pas sma (`▽´)-σ (⌣́_⌣̀)
    Hwakakakakkakkakakkkk... XD

    ReplyDelete
  16. wakwaaaawww Linda(Dora) The Explorer lagi nyari peta

    ReplyDelete