Tuesday, 21 July 2015

Cartoon Drawing with Adobe Photoshop


Drawing is a self healing

Makanya kalo pas lagi bosen plus sengeb, gue lebih suka bersibuk-sibuk ria di atas selembar kertas bersama pensil warna.
Memasuki era digital, menggambar dan mewarnai ternyata nggak cuma bisa dilakukan di atas selembar kertas. Di depan layar komputer pun bisa! Hehehe, sakti kan?

So, kali ini gue mau bagi-bagi tips menggambar digital pake Adobe Photoshop. Pengen tau? Yuk, disimak!

1. Pastikan aplikasi Adobe Photoshop sudah terinstall di PC atau laptop
By the way, gue pake Adobe Photoshop CS3 *wakakakak! Padahal versi terbarunya udah sampe CS6


Meski agak old fashion, tapi aplikasi ini lah yang selalu ngebantu gue dalam edit-edit perkakas ngeblog. Mulai dari edit foto, bikin banner, gabungin gambar, bla bla bla dan lain-lain.


2. Scan/foto gambar kalian
Sebenernya nggak harus digambar juga bisa sih bikin cartoon drawing versi Photoshopnya. Tapi biar lebih original, gue lebih suka bikin sketsanya dulu.



3. Buka sketsa tersebut di Adobe Photoshop
Langkah selanjutnya adalah mengurangi warna pada sketsa dengan menggunakan fitur Destaturate.
Jangan lupa seleksi gambar lebih dulu dengan CTRL + A. Setelah itu klik Image > Adjustments > Destaturate



4. Mengatur level warna pada gambar
Setelah di Destaturate, gambar sketsa akan menjadi seperti ini


Noh, udah kayak gambar di kertas burem kan?
So, biar lebih caem and cihuy, mari kita atur level warnanya! Klik Image > Adjustments > Level
Setelah itu, ubahlah gambar ala kertas burem ini jadi gambar ala kertas HVS yang putih cemerlang, hohoho


5. Tebalkan garis
Setelah level warna kita atur, gambar akan berubah seperti ini


Karena garisnya masih goresan pensil, wajib hukumnya diubah jadi goresan digital!
Klik SHIFT + CTRL + N untuk menambah layer aktif dan gunakan Brush Tool sebagai pensil digital untuk menebalkan garis gambar secara manual. Oh iya, disini gue pake brush warna hitam.


And this is it! Hasil jadi penebalan menggunakan Brush Tool secara manual

Langkah yang satu ini emang agak rempong sih, pemirsaaah. Dibutuhkan usaha yang keras, kesabaran, plus keahlian tangan dalam proses bolding ini. Nah, buat yang nggak mau rempong pake mouse kayak gue, lebih gampang lagi kalo nebelin pake Pen Tablet. Dijamin, nggak sampe sepuluh menit bakal selese. Make up nggak jadi luntur gegara keringet ngucur. Cuss~


6. Filling layer sebagai new background
Selesai bolding, nonaktifkan background dengan cara klik simbol mata yang ada di kotak pojok kanan bawah. Proses ini dilakukan agar garis pada gambar nggak dobel.


Setelah background off, hasilnya akan seperti gambar di atas.
Bikin layer baru yang digunakan sebagai pengganti background. Klik SHIFT + CTRL + N (Layer 2), kemudian lanjut SHIFT + F5



7. COLORING
Ini nih bagian favorit gue. Kenapa? Soalnya sebuah gambar tiada arti tanpa teknik coloring yang mumpuni! Bwahahahaha, bahasa gue ketinggian yeee


Teknik coloring yang gue pake adalah teknik coloring ASS, yaitu coloring Amat Sangat Sederhana menggunakan brush dan color pallete.
Part coloring ini adalah part yang paling banyak membutuhkan layer. Biar nggak bingung, kalian boleh rename layer. Misalnya waktu coloring bagian topi, boleh deh layernya di rename jadi 'Topi' or 'Hat' (maap, Linda anaknya British)


Then, kalo kalian mau bikin warnanya jadi agak soft atau ngeblend ala ala gradasi, bisa diatur fitur Opacity dan Fill nya. Well, see the difference?



Tadaaaaa! Dan inilah hasil jadinya!
And... I guess you know who is she. Yep! She is Diana Rikasari, my favorite fashion blogger

Good luck dan selamat mencoba!


Purwokerto, Juli 2015
dalam suasana berduka akibat cuti lebaran habis

4 comments:

  1. Waaa keren. musti banyak belajar photoshop nih saya, yang susah gambar sketsanya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai adiii :) sebenernya ngga harus ngegambar sketsa kok, jiplak gambar fotonya langsung juga bisa. Next time gue bikinin tutorial yang dari gambar foto deh

      Delete
  2. Keren, aku bikin berantakan terus, Kak. Kalau di kertas bagus, kalau digital ancur Xp

    ReplyDelete