Tuesday, 26 May 2015

Nanny : Pouch Handmade Serbaguna

Gue punya motto hidup yang sangat ekonomis, yaitu motto hidup 'mending bikin daripada beli'
Hahahaha, dan gue sadar sepenuhnya kalo motto hidup gue ini adalah motto hidup yang dibenci kaum pedagang. Contohnya pedagang kue kering lebaran yang selalu bete setiap emak gue nolak dagangannya dengan alasan "Aduh bukannya aku nggak mau, Jeng. Anakku juga bikin kue kayak gini di rumah"

Tapi bukan berarti gue pelit atau nggak konsumtif. Untuk barang-barang dan kebutuhan lain kayak beras, gula, cabe, bawang, semuanya gue beli kok. Masa iya gue nanem? Meski menanam sendiri kayaknya lebih menyenangkan sih. But the point is, gue selalu bangga sama hasil karya sendiri. Bahkan gue punya cita-cita kelak anak gue harus pake barang handmade bikinan emaknya sendiri. Entah itu tas, baju, kaos kaki, bando, jepit rambut, dan lain-lain.

Kecintaan gue sama handmade sebenernya udah mendarah daging sejak kecil. Gue paling demen kalo disuruh bikin prakarya di sekolah. Tempat pensil, adalah prakarya handmade pertama gue yang gue anggap sukses di jaman SD. Meski bentuknya masih amburegul, jahitannya jelek, kainnya comal-comel, gue tetep pede pake tempat pensil itu ke sekolah tiap hari. Ngomong-ngomong tempat pensil, sampe sekarang gue juga masih suka bikin tempat pensil sendiri. Dan kali ini, gue mau ngeshare cara bikin tempat pensil atau pouch serbaguna yang bermanfaat.

Pertama, siapin alat dan bahannya. Disini kalian perlu kain perca, resleting ukuran 20 atau 25 cm, benang jahit, jarum jahit, gunting, spidol, lem UHU, dan busa tipis.


Kedua, tentukan desain pouch yang pengen kalian bikin.


Ini desain pouch gue. Namanya Nanny.


Langkah selanjutnya adalah eksekusi!
Gunting kain perca seukuran desain yang ditentukan. By the way, gue agak merubah desain si Nanny. Karena gue rasa agak kekecilan, gue bikin ukuran 25x15 cm.


Don't forget to make it double! Karena kita bakal ngelapisin busanya dulu, ukuran kain yang gue gunting adalah 25x15 cm dikali 4 bagian atau 50x30 cm.


Next, gunting busa dengan ukuran 50x15 cm.


Bungkus busa yang udah digunting menggunakan potongan kain perca tadi.


Nah, sekarang jelas kan kenapa potongan kainnya ada 4 dan busanya ada 2? Soalnya untuk satu bagian pouch kita bakal butuh 2 potong kain dan 1 busa. Setelah busa dilapisi kain, jahit pinggirnya hingga membentuk dua sisi pouch.


Abis itu, gabungin dua sisi pouch dengan jahitan rapi sampai jadi kayak gini nih


Balik pouch sehingga bagian yang kelihatan jahitannya jadi invinsible


Yang terakhir, jangan lupa pasang resleting di pouch dan hias bagian depan.



Finally, jreng jreeeeng... Jadilah pouch serbaguna! Bisa buat tempat make up, tempat pensil, tempat handphone, tempat duit (kalo mau sih), tempat alat mandi, daaaan lain-lain!


Buat yang tertarik bikin, good luck dan selamat mencoba ya!

Purwokerto, 26 Mei 2015 

2 comments:

  1. hasilnya keren bangeet kaak, mama aku pernah bikin tas/dompet pesta gitu buat dijual, tapi ga pake jahit, kainnya dilem di kertas karton trus pake kancing magnet bukan resleting..

    ah jadi pengen nyoba sendiri, mumpung kain bekas banyak di rumah hahah.

    ReplyDelete
  2. Wah, kreatif juga tuh! Keep on crafting!
    Yuk dicoba, gampang kok bikinnya :) good luck dan selamat mencoba!

    ReplyDelete