Wednesday, 15 April 2015

Tutorial Bikin Stop Motion Video

Kali ini, Miss Linda yang cantik bakal bagi-bagi tutorial bikin stop motion video buat kalian semua.
Anyway, tutorial stop motion yang gue bikin ini very very simple karena hanya membutuhkan bantuan aplikasi Windows Movie Maker dan juga Adobe Photoshop.
Penasaran? Nyoook kita kupas!

Pertama, hal wajib yang diperlukan dalam membuat stop motion video ini adalah TENAGA.
Kenapa? Karena stop motion adalah video yang cuma bisa dibuat dengan kekuatan Super Saiya!
Siap-siap aja tangan ngana bakal gempor ngedit ratusan foto cuma buat video berdurasi kurang dari 10 menit ini. So, jangan lupa siapin telor ayam kampung, madu plus royal jelly, jahe, dan susu!
*oke, yang ini lebay*

Kedua, siapin STORYBOARD.
Apa itu storyboard?
Storyboard adalah gambaran cerita dari stop motion yang pengen kalian bikin. Misalnya, stop motion buat ulang tahun temen. Kebetulan temen tapimesra gue juga ulang tahun tanggal 4 April kemaren. Storyboard yang gue bikin berlatar belakang sebagai berikut :





Ketiga, siapin ALAT & BAHAN.
Nah, karena eh karena Haji Rhoma bilang miras itu merusak pikiran, maka alat dan bahan yang gue perluka dalam proses pembuatan stop motion ini cuma beberapa foto dan software pendukung.
*ya ngga ada hubungannya sama Haji Rhoma juga sih*

Setelah ketiga unsur di atas terpenuhi, sekarang saatnya kita masuk ke proses pembuatan video stop motionnya.

1. Mengumpulkan Foto
Untuk bikin stop motion yang maha oke, butuh banyak foto yang harus kita libatkan dalam proses ini. Entah itu foto berupa coretan, foto benda gaul ala ala anak tumblr, foto mesra bareng pasangan, atau bahkan foto narsis yang belakangan bisa bikin empunya foto enek sendiri liat mukanya. Yang jelas, foto-foto tadi harus diambil dengan pose yang membentuk alur gerakan. Misalnya, foto orang lagi jalan.



Satu trik sederhana kalo kalian adalah manusia super sibuk yang nggak punya banyak waktu buat ngadain sesi pemotretan adalah... EDIT FOTO sebanyak-banyaknya pake Photoshop! Huahahahaha.
*ngeles aja sih, sebenernya lebih karena males*





Haaaaaah?? Fotonya sebanyak iniiiii?
Yess, dan ini videonya nggak sampe satu menit. Padahal bikinnya dari adzan Isya sampe adzan Subuh.
#NamanyaJugaHidup

2. Buka aplikasi Windows Movie Maker


JREEENG

Klik Tools > Option > Advance > Picture Duration, dan set di angka 0,375
Sebenernya untuk pengaturan durasi stop motionnya nggak harus serentak sama sih, tapi bisa diatur suka suka sesuai maunya yang bikin. Biar pas, pake feeling sih yang jelas hehehehe.

Abis itu, import picture dari folder yang berisi foto-foto terpilih (ciaaah terpilih!)


Kalo udah, CTRL + A, drag ke bagian Video


Jangan lupa dikasih lagu syahdu biar mendayu. Klik import audio or music.


Tinggal di edit, dan di pas keuuuun sama piling (baca : feeling)
Kalo udah, klik SAVE. Pilih Finish Movie > Save to My Computer. And... tadaaaaa... video stop motion siap dinikmati!
Gimana? Lebih gampang daripada nyatain perasaan kamu ke dia kan? #yaeyalah #hmm #baper #tsurhat




Good luck dan selamat mencoba!

P.S : cocok buat yang pengen ngasih kado ulang tahun, anniversary, or whatever tapi kantong lagi kering
*nunjuk diri sendiri*


Purwokerto, April 2015

No comments:

Post a Comment