Monday, 23 April 2012

DIY : Buku Catatan Dari Kertas Bekas

Yang namanya anak kuliahan pasti nggak asing sama yang namanya sampah kertas. Emmm... Nggak bisa dibilang sampah sih, karena gue bukan golongan orang yang setuju kalo kertas bekas itu tempatnya cuma di tempat sampah. Sejak suhu bumi meningkat, gue agak agak concern buat nerapin gaya hidup 3R.

Reuse Reduce and Recycle maksudnya?
Bukan sih. 3R versi gue adalah ngiRit, ngiRit, dan ngiRit *hahaha oke ini jayus*


Jadi kemaren itu, sedikit curhad eah... Pasca UTS, kamar gue yang indah nan asri mendadak berubah jadi ruangan yang sebenernya lebih tepat kalo dikatain gudang, kandang ayam, atau bahkan kandang badak (IYA GUE BADAKNYA)!
Pas gue lagi beres-beres, ditemukan banyak tumpukan kertas fotokopian materi UTS semester ini dan semester terdahulu dan entah apalagi. Dan hati pun berkecamuk....


"Ini kertas-kertas segini banyaknya mau gue apain ya? Apa gue bakar terus abunya gue minum aja biar gue pinter ya?"
Dan beberapa saat kemudian gue sadari kalo itu pemikiran bodoh.
Untungnya sesaat setelah pemikiran bodoh itu pergi, pemikiran agak berguna pun datang.
"Gimana kalo kertas-kertas ini gue jilid, terus gue jadiin buku tulis? Kan double manfaat tuh! Selain bisa dipake buat nyatet or nulis materi kuliah, bisa dipake buat baca juga! Yaaa...sapa tau kertas-kertas fotokopian itu berguna di kemudian hari. Waktu aku ujian pendadaran buat skripsi misalnya?"
So, inilah langkah-langkah yang gue tempuh dalam perjalanan menuju ke barat  untuk bikin buku catatan multifungsi itu :

1. Pisahin & Tata Kertas
Berhubung disini ada dua jenis kertas, yaitu kertas HVS putih dan kertas burem, gue pisahin dulu kedua jenis kertas tersebut sesuai kebutuhan dan kasta masing-masing #hwakakak
Jangan lupa, urutannya dibikin kebalik, biar bisa multifungsi. Kalo dibuka dari kiri bisa jadi buku catetan, kalo dibuka dari kanan bisa jadi buku materi.

2. Jilid
Bawa kumpulan kertas-kertas itu ke fotokopian buat dijilid. Kalo gue sih, biar nggak terlalu berat-beratin barang bawaan ke kampus, kertas yang dijilid cukup dengan tebal 2-3cm aja.

3. Hias Cover Sesuka Hati
Nah, this is my favorite part. Suka-suka lo deh mau ngehias kayak gimana. Mau ditempel gambar-gambar boleh, digambar pake tangan juga boleh, disampul pake kertas payung juga boleh, yaaa suka suka deh!

Kalo yang ini adalah buku catatan gue. Gahol, ceria, dan eco friendly pastinya!

 

Saatnya say good bye sama loose leaf! Hehehe, kalian bisa nulis di sisi kertas fotokopian yang masih putih bersih dan kalo kelupaan sama materi, tinggal buka di baliknya. Ramah lingkungan juga kan? Nggak perlu ngebuang kertas yang udah nggak kepake.

Sayangi bumi, sayangi mantan teman !
Selamat hari bumi!

Purwokerto, April 2012

20 comments:

  1. Gila bukunya gahol banget qaqaq, buat aku satu boleh dong qaqaq XD

    ReplyDelete
  2. kereen kak *brb nyari sampah kertas di kamar* :D

    ReplyDelete
  3. wooooh iya ya... di rumah banyak kertas kek gini.. bikin ahh biar gahol :P

    ReplyDelete
  4. keren :) kreatif banget hahaha mau nggak jadi kakak aku :3

    ReplyDelete
  5. kereeen wak,, *sampah-sampah tiu bisa disulap jadi buku gahol edisi 2011. :D
    Bisa bantuin aku sekalian nih.. *ngeliat sinis bekas kertas skripsi*

    ReplyDelete
  6. skripsi gue sekalian dong #ehh -____-

    ReplyDelete
  7. wah... kreatif banget :D
    mau coba ahh

    ReplyDelete
  8. wew... maacih cemuanyaaa :3
    mudah mudahan buku gahol ini bisa membantu meringankan beban hidup orang tua *dari segi ekonomi
    dan membantu meringankan beban hidup bumi *dari sisi environment
    ngehehehe

    ReplyDelete
  9. inspirassi banget dah
    bener juga sih harusnya dibadikan

    inget pesan guru dolo
    buku lama jangan dibuang
    katanya
    "bisa bikin obat, dikala tua"
    massi belum tau juga maksdunya apaan
    obat buat apa
    yang jelas ubat buat sakit dah

    ReplyDelete
  10. aaaaaa kreatif say :3 unyu gitu sampulnya :D

    ReplyDelete
  11. Aaaahh, kereeeenn!! Sayang banget fotokopianku udah dibuang duluan saking penuhnya. :(

    ReplyDelete
  12. tutorial bikin sampul unyu itu dong :3

    btw, itu bukunya KEREN BANGET

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat. aku baru masuk kuliah. jadi besok2 ga bingung mau di kemanain tuh kertas2 naa. hahaa. thankiuuu sistaaa

    ReplyDelete
  14. wohooo gahol banget! keren! super kreattttiiip! :D

    ReplyDelete
  15. ga mau ketinggalan gaholll
    *brb ngumpulin kertas contekan

    ReplyDelete
  16. ternyata galau bisa se kreatif ini... ummmmm
    kerennn...

    ReplyDelete
  17. Wah sama ama saya, saya ada banyak buku tulis yang saya buat dari kertas bekas. :D Rasanya sayang banget ngeliat kertas A4 bekas print yang gagal dibiarin begitu aja di rumah. Daripada dibuang, mending saya buat buku. :D

    ReplyDelete