Friday, 27 September 2013

DIY : Collar Shirt

Sebagai mahasiswa aktif yang lagi sumringah sumringahnya kuliah (tapi bohong, hahaha), gue dituntut punya banyak kemeja sebagai dresscode wajib perkuliahan. Masalahnya, gue nggak pernah suka pake kemeja. Gue lebih suka pake kaos oblong, celana jeans, dan sepatu sneaker buat pergi ke kampus.

Tapi, yakali cong? Kuliah mana boleh pake kaos oblong?

Nah, disitu gue dituntut pinter-pinternya memanfaatkan otak buat ngolah benda yang tidak bermanfaat menjadi benda yang bermanfaat. Contohnya kayak blouse biru elektrik yang udah lama terabaikan di lemari gue ini.


Untuk membuat blouse ini campus-able, alias bisa dipake buat ngampus, yang perlu kita lakuin adalah nambahin kerah di bajunya.


Pertama, siapin alat dan bahannya dulu. Alat-alat terdiri dari gunting, benang jahit, jarum jahit, jarum pentul, serta spidol. Sedangkan untuk bahannya, ada kain perca dan kertas manila (boleh juga pake karton bekas susu atau kertas cover majalah)

Selanjutnya, kita langsung mulai ke langkah-langkah pembuatannya.
1. Buat pola kerah yang searah dengan potongan garis leher baju



2. Pastikan pola kerah yang kalian bikin cocok sama warna baju
Perlu diinget, motif perca yang dipake buat bikin kerahnya hukumnya fardu 'ain matching sama warna baju yang bakal di make over.


3. Gunting kain perca sesuai pola kerah yang dibuat
Biar lebih rapi, sebaiknya kertas pola dipipit pake jarum pentul. Kasus yang sering terjadi di bagian ini adalah gagal motong kain dengan rapi karena kain yang mau dipotong licin.


Jangan lupa gunting dua pola untuk satu sisi kerah. In the end, total ada empat guntingan pola yang masing-masing berpasangan. Got it?

4. Jahit kedua pasang pola & pasang di bagian kerah blouse


And, tadaaaa!
Hasil yang gue bikin adalah seperti ini



Good luck dan selamat mencoba!

Purwokerto, September 2013

4 comments:

  1. lebih bagus lagi kalo ada sedikit pita, jadi kesan nya seperti baju2 korea

    ReplyDelete
  2. Lindaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
    Tips kamuh okeh bangett :3
    Thank you sudah shariing
    huhuhu.. I miss you <3<3

    xo,
    G

    ReplyDelete